Kenali 5 Kesalahan yang Menyebabkan Septic Tank Penuh

Kenali 5 Kesalahan yang Menyebabkan Septic Tank Penuh

Septic tank merupakan saluran pembuangan yang pasti ada di setiap rumah tangga. Saluran pembuangan ini umumnya memiliki daya tampung tertentu dan tak jarang mengalami over capacity. Lantas, kesalahan yang menyebabkan septic tank penuh? Salah satu penyebabnya bisa karena Anda tidak menggunakan pipa PVC yang sesuai.

Sebab, pipa yang seharusnya Anda gunakan harus memiliki SNI seperti produk dari Vinilon. Sehingga dapat membuat sistem drainase yang baik dan menjaga kualitas lingkungan agar tetap higienis. Besar atau diameter pipa juga harus Anda pertimbangkan untuk mengurangi kemungkinan penumpukkan limbah di dalamnya.

5 Kesalahan yang Menyebabkan Septic Tank Penuh

Septic tank yang penuh dapat mengakibatkan berbagai permasalahan, seperti bau yang tidak sedap hingga kebocoran. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa kesalahan yang menyebabkan septic tank penuh. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak Memiliki Jadwal Pemompaan Rutin

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pemilik septic tank adalah tidak memiliki jadwal pemompaan rutin. Pemompaan rutin sangat penting untuk menjaga agar septic tank tidak penuh. Jika tidak dipompa secara teratur, limbah akan menumpuk di dalam tangki dan menyebabkan masalah serius.

2. Penggunaan Bahan Kimia Berlebihan

Bahan kimia seperti deterjen, pemutih, dan pembersih toilet dapat merusak bakteri yang diperlukan untuk memecah limbah di dalam septic tank. Jika terlalu banyak bahan kimia digunakan, bakteri akan mati dan limbah tidak akan terurai dengan baik. Akibatnya, septic tank akan penuh lebih cepat.

3. Sering Membuang Sampah di Toilet

Kesalahan yang menyebabkan septic tank penuh selanjutnya adalah membuang sampah sembarangan. Toilet hanya boleh digunakan untuk membuang limbah manusia dan kertas toilet.

Membuang sampah seperti tisu, pembalut, dan bahan lainnya dapat menyebabkan septic tank penuh lebih cepat. Sebab, sampah-sampah tersebut tidak dapat terurai dengan baik dan akan menumpuk di dalam tangki.

4. Masuknya Air Hujan ke Septic Tank

Air hujan yang masuk ke septic tank dapat menyebabkan tangki penuh lebih cepat. Ini karena air hujan akan mengisi septic tank dan membuat limbah tidak dapat terurai dengan baik. Karena itu, pastikan Anda mengalirkan air hujan ke saluran pembuangan yang terpisah dari septic tank.

5. Drainase yang Buruk

Sistem drainase yang buruk dapat menyebabkan limbah tidak dapat mengalir dengan baik ke dalam septic tank. Akibatnya, limbah akan menumpuk di dalam pipa dan menyebabkan masalah serius. Pastikan sistem drainase Anda berfungsi dengan baik dan tidak ada pipa yang tersumbat

Sudah Tahu Kesalahan yang Menyebabkan Septic Tank Penuh?

Menjaga septic tank agar tidak penuh adalah tugas yang penting bagi setiap pemilik. Jika sudah menghindari kesalahan di atas, Anda dapat memastikan bahwa septic tank berfungsi dengan baik dan tidak akan menimbulkan masalah.

Jangan lupa pula untuk memanggil profesional saat ingin memompa septic tank secara teratur dan melakukan perawatan yang diperlukan. Anda juga bisa menggunakan pipa PVC Vinilon yang berkualitas, ramah lingkungan, dan memiliki harga kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *